Langsung ke konten utama

MUSIK, HIP HOP, & REMAJA (Tugas 5)

CARA REMAJA YANG MENGGAET "GAUL" DARI MUSIK HIP HOP


   Musik dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo sapiens yakni sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Tidak ada yang tahu kapan manusia mulai mengenal seni dan musik. Dari penemuan arkeologi pada lokasi-lokasi seperti pada benua Afrika, sekitar 180.000 tahun hingga 100.000 tahun lalu telah ada perubahan evolusi pada otak manusia. Dengan otak yang lebih pintar dari hewan, manusia merancang pemburuan yang lebih terarah sehingga bisa memburu hewan yang besar. Dengan kemampuan otak seperti ini, manusia bisa berpikir lebih jauh hingga di luar nalar dan menggunakan imajinasi dan spiritual. Bahasa untuk berkomunikasi telah terbentuk di antara manusia. Dari bahasa dan ucapan sederhana untuk tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan, perlahan-lahan beberapa kosa kata muncul untuk menamakan benda dan memberikan nama panggilan untuk seseorang.
Dalam kehidupan yang berpindah-pindah, manusia purba mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kaki kering hewan buruan yang menjadi makanannya dan kemudian meniupnya dan mengeluarkan bunyi. Ada juga yang mendapat inspirasi ketika memperhatikan alam dengan meniup rongga kayu atau bambu yang mengeluarkan bunyi. Kayu dibentuk lubang tiup dan menjadi suling purba.
Manusia menyatakan perasaan takut dan gembira dengan menggunakan suara-suara. Bermain-main dengan suara, menciptakan lagu, hymne, atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Kayu-kayu dan batuan keras dipukul untuk mengeluarkan bunyi dan irama yang mengasyikkan. Mungkin secara tidak sengaja manusia telah mengetuk batang pohon yang berongga di dalamnya dengan batang kayu yang mengeluarkan bunyi yang keras. Kulit binatang yang digunakan sebagai pakaian diletakkan sebagai penutup rongga kayu yang besar sehingga terciptalah sebuah gendang.

   Dari sejarah diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa sudah sangat lama manusia mengenal apa itu musik. Mereka juga bisa menciptakan alat musik pada jaman dahulu yang keadaannya sangat berbeda dengan sekarang. Lalu bagaimana dengan musik dan perkembangan musik pada saat ini? Mari kita ulas lebih dalam lagi tentang musik dan perkembangannya.

   Pada saat ini, musik sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sebagai hiburan, musik sebagai ungkapan emosional diri seseorang, musik juga sebagai komunikasi
Terlepas dari peran dan fungsi musik, musik juga diciptakan dengan berbagai macam genre (aliran). Salah satunya adalah genre hiphop, di Indonesia sendiri adalah Iwa K yang menjadi tonggak hiphop lokal era 90's. Brur ini yang pertama kali mempopulerkan jenis musik ini di tanah air. Dia mempersembahkan gebrakan baru terhadap khazanah musik Indonesia pada saat itu. Fresh & keren maksimal !. Dimana sampai pada saat ini sangat digandrungi oleh para remaja karena genre musik ini sangat terkenal dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik.Rapping” kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagian dari budaya Hip Hop. Ciri khas hip hop biasanya menampilkan pakaian besar (longgar) seperti baju besar dan celana besar, sampai sepatu pun besar. Tampilan seperti ini pada masa ini sangat dianggap sebagai fashion yang keren dan unik, apalagi jika dengan menyanyikan dan menciptakan lagu dengan musik beraliran hip hop ini.
Aliran musik ini banyak disukai oleh para remaja, dimana individu mengalami pubertas antara lain cara berfikir mereka yang seringkali mudah terangsang, emosinya cenderung "meledak", dan keingintahuan yang tinggi, atau dikenal mengalami fase "mencari jati diri" atau fase "topan dan badai".
Mereka akan mengikuti atau mencari tahu tentang hal-hal baru atau hal yang mereka sukai seperti ingin mengembangkan bakatnya lewat musik yang beraliran hiphop ini dengan cara mengikuti setiap perkembangnya dan mereka ingin diakui dan mereka beranggapan akan mendapatkan cap "GAUL" dari para penggemar atau orang yang mengetahui dan memahami musik maupun fashion yang berkembang pada masa kini.


Demikian pengetahuan yang bisa saya bagikan, jika ada kata atau kutipan yang sama saya mohon maaf. Terimakasih.


Sumber : - https://id.wikipedia.org/wiki/Musik
                - https://inmxmrgx.wordpress.com/2013/03/14/apa-sih-hip-hop-itu/
                - Buku "YANG NGE-TREN DITAHUN 80 & 90 AN" - NICKO KRISNA
                - Buku "Psikologi perkembngan Anak & Remaja" - Dr. H. Syamsu Yusuf LN., M.Pd.
                - Buku "Psikologi Remaja" - Mohammad Ali / Mohammad Asrori

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Kalimat Majemuk (Tugas 4)

Kata : Kendaraan Pribadi (Sepeda,Sepeda Motor,Mobil) A.Kalimat Majemuk Setara 1. Majemuk Setara Sejalan *Banyak orang mengendarai sepeda motor dan mobil ketika  mereka berangkat bekerja. 2.Majemuk Setara Berlawanan *Robby memiliki mobil baru berwarna hijau sedangkan   Anni memiliki mobil berwarna merah. 3.Majemuk Setara Sebab *Merk sepeda motor Variow lebih diminati banyak orang, sebab model dan warnanya yang bervariasi. 4.Majemuk Setara Akibat *Kendaraan pribadi lebih banyak digunakan oleh warga Jakarta saat bepergian kemana saja, akibatnya  Jakarta masuk dalam salah satu kota paling macet didunia. B.Kalimat Majemuk Bertingkat 1.Majemuk Bertingkat Waktu *Pada zaman dahulu kendaraan pribadi jarang kita jumpai,  ketika  orang-orang masih menyukai berjalan kaki. 2.Majemuk Bertingkat Syarat *Kamu dapat membeli mobil yang kamu suka jika  kamu rajin bekerja dan rajin menabung. 3.Majemuk Bertingkat Tujuan *Annisa rajin menabung agar  dia dapat membeli sepeda

Analisis Cerpen (Tugas 2)

Pelajaran mengarang sudah dimulai. Kalian punya waktu 60 menit”, ujar Ibu Guru Tati. Anak-anak kelas V menulis dengan kepala hampir menyentuh meja. Ibu Guru Tati menawarkan tiga judul yang ditulisnya di papan putih. Judul pertama “Keluarga Kami yang Berbahagia”. Judul kedua “Liburan ke Rumah Nenek”. Judul ketiga “Ibu”. Ibu Guru Tati memandang anak-anak manis yang menulis dengan kening berkerut. Terdengar gesekan halus pada pena kertas. Anak-anak itu sedang tenggelam ke dalam dunianya, pikir Ibu Guru Tati. Dari balik kacamatanya yang tebal, Ibu Guru Tati memandang 40 anak yang manis, yang masa depannya masih panjang, yang belum tahu kelak akan mengalami nasib macam apa. Sepuluh menit segera berlalu. Tapi Sandra, 10 Tahun, belum menulis sepatah kata pun di kertasnya. Ia memandang keluar jendela. Ada dahan bergetar ditiup angin kencang. Ingin rasanya ia lari keluar dari kelas, meninggalkan kenyataan yang sedang bermain di kepalanya. Kenyataan yang terpaksa diingatnya, karena Ibu

KATA & DATA (Tugas 3)

Kata         : Kendaraan pribadi (Sepeda Motor/Mobil). Frasa        : Pejalan kaki semakin berkurang. Hipotesa   : Semakin mudahnya untuk membeli kendaraan, masyarakat sangat malas untuk berjalan                     kaki. Data         : 1.Lembaga kredit kendaraan semakin menjamur.                    2.Perjalanan/Tempat tujuan lebih cepat ditempuh.                    3.Mempersingkat waktu.                    4.Kendaraan pribadi lebih mempermudah pengguna jalan.                    5.Keamanan (Copet kendaraan umum).                    6.Jalanan semakin macet dan polusi udara bertambah. Sumber Data : - Pengguna kendaraan.