Langsung ke konten utama

Televisi & Konsumerisme (Tugas 6)

"Tanah Surga & Nerakanya"

       "Tanah air kita masih jauh dari kesempurnaan, masih banyak kenyataan yang menyedihkan."
Itulah penggalan puisi oleh Najwa Shihab, diacaranya "Mata Najwa" Rabu (17/5).
Jika ditelisik, penggalan puisi tersebut benar adanya jika Negara kita sedang dilanda kesedihan dan jauh dari kata sempurna. Bagaimana tidak, sistem hukum yang tumpul ke atas tajam kebawah merupakan kejadian nyata yang terjadi di Negara ini, keadilan yang jauh dari arti adil, hak asasi manusia yang tidak ditegakkan, bahkan korupsi yang semakin hari semakin menjadi-jadi. Bukan hal baru Indonesia seperti ini, sejak era pemerintahan orde baru Indonesia sangat jauh dari kata sempurna. Mungkin hanya orang-orang tertentu yang dapat merasakan "Kesempurnaan" Negara kita yang dikenal "Tanah Surga" ini.
Banyak kejadian yang dapat kita lihat dari Negara kita ini, mafia hukum dapat seenaknya membayar penegak hukum agar dia bebas dari segala macam permasalahannya, manusia-manusia serakah dapat seenaknya memakan semua hak yang seharusnya dibagi-bagi hanya dengan jabatan yang dimiliki, bahkan para petinggi dapat seenaknya menggunakan uang rakyat hanya dengan mengelabuhi mereka dengan kata-kata yang dirangkai. Kejujuran merupakan hal utama yang paling minim dimiliki oleh orang-orang di Negara ini. Jika kejujuran memang ada dan ditegakkan tidak mungkin Indonesia menjadi sebobrok ini.

     "Mata Najwa" merupakan program talkshow unggulan Metro TV yang dipandu oleh jurnalis senior, Najwa Shihab. Talkshow ini ditayangkan setiap hari Rabu pukul 20.05 WIB hingga 21.30 WIB. Bukan hal baru jika acara ini banyak mengangkat tema permasalahan yang ada di Indonesia dan yang paling khas dari acara ini adalah membahas tentang dunia politik di Indonesia. Dari setiap acara yang ditayangkan, Najwa Shihab selalu dapat membuat penonton larut dalam topik yang dibawakan, bahkan penonton dapat mengetahui sebenarnya apa yang Indonesia alami.Jika para penonton mengetahui dan memahami apa permasalahan yang dialami Indonesia, acara ini dapat sangat membantu agar warga Indonesia sendiri sadar akan hal apa yang harus dilakukan. Warga Indonesia juga dapat bekerja sama bahkan merubah pola pikir mereka menjadi lebih baik dan lebih maju lagi.

     Jika memang keadilan jauh dari arti adil, hak asasi manusia yang tidak ditegakkan, bahkan korupsi yang semakin hari semakin menjadi-jadi. Itu semua adalah masalah yang berawal dari ketidakjujuran. Bukan tentang jabatan, kata-kata, maupun keserakahan, namun ini semua hanya karena ketidakjujuran. Masalah ini membuat terciptanya ketidakharmonisan dalam Negara ini, hanya para petinggi, pejabat, bahkan orang-orang tertentu yang dapat menikmati makan enak di restauran, menaiki mobil mewah berharga ratusan juta, bahkan merasakan kenyamanan karena mereka didampingi oleh bodyguard yang melindungi mereka. Lalu bagaimana dengan nasib rakyat biasa bahkan orang-orang yang hanya menjadi "babu" di Negara yang disebut "Tanah Surga" ini? Makan seadanya, jalan kaki adalah transportasi, bahkan keamanan dan hak asasi mereka yang rawan direbut oleh manusia-manusia tanpa hati nurani tersebut.

     Maka, dari sekian banyak contoh dan kejadian yang Indonesia alami ini, "Tanah Surga" hanyalah mereka-mereka (pejabat, para petinggi dan mereka yang bisa mengelabuhi) yang dapat menikmati sementara "Neraka" adalah mereka-mereka (rakyat jelata) yang menempatinya, kita harus dapat berkaca dan sadar kita adalah generasi penerus yang tak boleh terlena yang seakan-akan Indonesia ini sudah sempurna. Kita butuh kejujuran, butuh kerja keras bahkan keberanian untuk meneriakkan kebenaran.

     Indonesia-ku, tetaplah Jaya, tetaplah Merdeka, Engkau masih punya anak-anak Bangsa yang masih punya etika bahkan cita-cita yang mulia.

Komentar

  1. Betway Sports App ⇒ Android App & App Link Alternatives - OLBG
    Betway is 메리트 카지노 a top betting provider which has been around for more than 20 years and is one of the most well known companies in the sports betting business ⭐ Betway Kenya: ⭐ 1xbet Betway Registration: ⭐ Bonus Wager ⭐ Mobile Version: Android App⭐ Deposit and Withdrawal Methods: Visa, MasterCard, and ApMinimum 바카라 Deposit: ₹1,000

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Cerpen (Tugas 2)

Pelajaran mengarang sudah dimulai. Kalian punya waktu 60 menit”, ujar Ibu Guru Tati. Anak-anak kelas V menulis dengan kepala hampir menyentuh meja. Ibu Guru Tati menawarkan tiga judul yang ditulisnya di papan putih. Judul pertama “Keluarga Kami yang Berbahagia”. Judul kedua “Liburan ke Rumah Nenek”. Judul ketiga “Ibu”. Ibu Guru Tati memandang anak-anak manis yang menulis dengan kening berkerut. Terdengar gesekan halus pada pena kertas. Anak-anak itu sedang tenggelam ke dalam dunianya, pikir Ibu Guru Tati. Dari balik kacamatanya yang tebal, Ibu Guru Tati memandang 40 anak yang manis, yang masa depannya masih panjang, yang belum tahu kelak akan mengalami nasib macam apa. Sepuluh menit segera berlalu. Tapi Sandra, 10 Tahun, belum menulis sepatah kata pun di kertasnya. Ia memandang keluar jendela. Ada dahan bergetar ditiup angin kencang. Ingin rasanya ia lari keluar dari kelas, meninggalkan kenyataan yang sedang bermain di kepalanya. Kenyataan yang terpaksa diingatnya, karena Ibu

Contoh Kalimat Majemuk (Tugas 4)

Kata : Kendaraan Pribadi (Sepeda,Sepeda Motor,Mobil) A.Kalimat Majemuk Setara 1. Majemuk Setara Sejalan *Banyak orang mengendarai sepeda motor dan mobil ketika  mereka berangkat bekerja. 2.Majemuk Setara Berlawanan *Robby memiliki mobil baru berwarna hijau sedangkan   Anni memiliki mobil berwarna merah. 3.Majemuk Setara Sebab *Merk sepeda motor Variow lebih diminati banyak orang, sebab model dan warnanya yang bervariasi. 4.Majemuk Setara Akibat *Kendaraan pribadi lebih banyak digunakan oleh warga Jakarta saat bepergian kemana saja, akibatnya  Jakarta masuk dalam salah satu kota paling macet didunia. B.Kalimat Majemuk Bertingkat 1.Majemuk Bertingkat Waktu *Pada zaman dahulu kendaraan pribadi jarang kita jumpai,  ketika  orang-orang masih menyukai berjalan kaki. 2.Majemuk Bertingkat Syarat *Kamu dapat membeli mobil yang kamu suka jika  kamu rajin bekerja dan rajin menabung. 3.Majemuk Bertingkat Tujuan *Annisa rajin menabung agar  dia dapat membeli sepeda

KATA & DATA (Tugas 3)

Kata         : Kendaraan pribadi (Sepeda Motor/Mobil). Frasa        : Pejalan kaki semakin berkurang. Hipotesa   : Semakin mudahnya untuk membeli kendaraan, masyarakat sangat malas untuk berjalan                     kaki. Data         : 1.Lembaga kredit kendaraan semakin menjamur.                    2.Perjalanan/Tempat tujuan lebih cepat ditempuh.                    3.Mempersingkat waktu.                    4.Kendaraan pribadi lebih mempermudah pengguna jalan.                    5.Keamanan (Copet kendaraan umum).                    6.Jalanan semakin macet dan polusi udara bertambah. Sumber Data : - Pengguna kendaraan.